Budidaya Bibit Durian Duri Hitam

Durian Duri Hitam ini berasal dari Wellesley Selata, Pinang, Malaysia. Durian ini memiliki bentuk bulat dan dasar rata. Daging dari durian duri hitam ini memiliki warna kuning keemasan, teksturnya yang lembut tidak berserat, daging tebal, beberapa biji kempis, dan memiliki aroma yang khas yang akan menambah sensasi tersendiri saat dikonsumsi. Ujung durinya yang berwana hitam tidak menandakan bahwa jenis durian ini berbahaya atau beracun karena berbeda dengan jenis durian lainnya.

bibit durian duri hitam

 

Durian duri hitam atau yang juga disebut dengan “The Black Thorn” memiliki kandungan gizi yang cukup komplit. Kandungan-kandungan tersebut seperti : karbohidrat, protein, lemak tak jenuh, vitamin B, vitamin C magnesium, fosfor, kalium, thiamin, polyfenhol, omega 3 dan 6, serta antioksidan.

Dari kandungan tersebut, durian ini memiliki banyak manfaat juga bagi kesehatan tubuh dan kecantikan kulit juga, diantaranya membantu melancarkan pencernaan, mengatasi anemia, bagus untuk kesehatan, membantu menjaga kesehatan tulang dan persendian, mengatur kestabilan darah, menjaga nafsu makan, mencegah terjadinya migrain, dan meredakan stres atau depresi.

Bibit durian duri hitam ini sangat cocok ditanam di Indonesia karena kemampuannya yang mampu beradaptasi. Durian jenis ini dapat tumbuh dengan baik dikawasan tropis. Durian ini sangat layak dibududayakan karena perawatannya yang mudah.

Dengan perawatan yang baik, pemumukan dan penyiraman yang teratur. Pada usia 3 sampai 4 tahun, pohon durian duri hitam ini akan mulai berbuah dan akan tetap produktif selama 3 sampai 5 tahun. Tinggi pohon duri hitam bisa mencapai 5 meter, dan dapat tumbuh di dataran tinggi maupun dataran rendah. Hal ini membuat permintaan akan buah duri hitam juga tinggi.

Tahap penanaman bibit durian duria hitam dikebun sebaiknya dilakukan pada awal musim hujan, sehingga mempunyai suplier air yang cukup. Waktu penanaman sebaiknya dilakukan pada sore hari, agar bibit memperoleh udara yang sejuk pada malam hari.

Jarak penanaman yang umum digunakan adalah antarbaris 12 meter dan dalam 8 baris. Untuk penenaman yang intensif pada daerah yang berkecukupan air, penanaman dapat dilakukan dengan jarak antarbaris 10 meter dan jarak dalam baris 6 sampai 8 meter.

bibit durian duri hitam

Bibit Durian Duri Hitam Kaki 3

Membudidayakan Bibit Durian Duri Hitam pada umumnya sama dengan durian lokal lainnya. Berikut cara membudidayakan Bibit Durian Duri Hitam yang baik yang tumbuh dengan optimal sehingga cepat berbuah:

1.Pemilihan bibit unggul

Dalam pemilihan bibit unggul ini akan menentukan keberhasilan buah durian yang dihasilkan. Saat memilih bibit durian, pastikan Bibit Durian Duri Hitam hasil dari okulasi atau sambng pucuk, bukan dari biji.

bibit durian duri hitam

Hal ini betujuan untuk menjamin hasil buahnya sama dengan induknya. Selain itu, pilihlah bibit durian yang masih segar, tidak kisut, dan tidak terserang hama dan penyakit.

2.Pengolahan lahan

Bibit Durian Duri Hitam tidak cocok ditanam di dalam pot, harus ditanam di lahan yang cukup luas, karena ukuran pohon dan akar yang besar akan menjalar. Sebelum menanam bibit, lahan harus sudah dibersihkan dari rumput dan tanaman liar. Selanjutnya, buat drainase dengan kedalaman air antara 50 cm – 150 cm. Selain itu juga tanah harus digemburkan terlebih dahulu dan kondisi tanah harus lembab.

3. Tahap penanaman

4. Jarak yang ideal untuk menanam Bibit Durian Duri Hitam untuk durian genjah antara (10 x 10) m dan untuk durian ukkuran sedang antara 12 m x 12 m.

5. Ukuran lubangnya (80 x 80 x70)cm, pisahkan antara tanah galian bagian atas dan tanah galian bagian bawah. Diamkan selama kurang lebih 2 sampai 3 minggu.

6. Penanaman sebaiknya dilakukan pada sore hari pada awal musim hujan, agar bibit yang tertanam tidak langsung terkena sinar matahari.

7. Bibit ditanam sekitar 5 cm di atas pangkal batang dan diikat pada batang kayu agar tanaman berdiri tegak.

8. Tanam tanamnan pendamping agar bibit durian tidak terkena sinar matahai langsung, namun tanaman pendamping harus diambil atau harus di tebang setelah tanaman durian berumur sekitar 4 sampai 5 bulan.

9. Setelah durian ditanam, tutup dengan jerami dengan tujuan menjaga kestabilan kelembapan tanah.

10. Pemeliharaan Bibit Durian Duri Hitam

Lakukan penyiangan gulmayang tumbuh disekitar bibit, katrean akan menggangu pertumbuhan bibit. Selain itu juga penyiraman yang dilakukan dua kali sehari pada pagi dan sore hari. Setelah tanaman durian berumur sebulan, penyiraman dilakukan tiga kali seminggu. Daun akan rontok apabila kekurangan air. Tanaman durian akan membutuhkan lebih banyak air setelah panen, karena untuk mengembalikan kondisi pohon agar kembali normal.

 

Untuk Pemesanan lebih jelasnya bisa hubungi kami di :

1.Whatasp :https://wa.me/6281327119234/InfoBibitDurian
2. Telephone : 0813-2711-9234
3. Sms : 0813-2711-9234
4. Website : https://www.jualbibitdurian.com
5. Shopee : https://shopee.co.id/bangkitlestarifarm
6. Alamat kantor dan perkebunan kami berada di Desa Purwosari RT 06 RW 01 Kecamatan Puring Kabupaten Kebumen Jawa Tengah (sebelah utara balaidesa Purwosari).

 

 

Artikel lainya :
Durian Pelangi
Durian Duri Hitam atau Durian Oche
Membuahkan Durian